Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung


Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung - Perut kembung terjadi karena penumpukan gas yang berlebih pada saluran pencernaan yaitu pada lambung dan usus, Timbulnya gas karena di hasilkan oleh lambung dan oleh usus akibat pemecahan makanan menjadi energi. Apabila terdapat gas berlebihan pad lambung atau usus bagian atas, maka dapat mengakibatkan perut kembung, begah dan sendawa secara berlebihan. Sedangkan apabila bagian usus yang lebih rendah dapat juga menyebabkan perut kembung dan peningkatan frekuensi pada kentut kita, apabila kelebihan gas pada salah satu lokasi usus dapat menyebabkan kram atau sakit pada area perut, melilit, dan seringkali tanpa pola yang jelas.
Salah satu faktor utama penyebab kembung adalah merokok serta terlalu banyak mengonsumsi buah juga dapat memicu perut menjadi kembung, dan kebiasaan bagi para pelajar nih kebiasaan nyemilin tutup pulpen juga bisa buat perut kembung loo!
Dr. Pixie akan menjelaskan penyebab tersembunyinya yang menyebabkan perut jadi kembung :

  • Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet sebenarnya baik bagi gigi karena bisa mengangkan bakteri yang terdapat digigi, dan juga membuat gigi jadi lebih putih, tapi di balik itu permen karet bisa mebuat perut kembung. "Pengunyahan permen karet bisa menyebabkan perut menjadi kembung karena saat mengunyah jumlah gas mengalami peningkatan dalam saluran pencernaan", kata pixie.

  • Stres
Steve Riley seorang apoteker mengatakan stres sangat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna makanan. Ketika kita merasakan kecemasan hormon stres, adrenalin dan kortison akan keluar dan menghambat sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan kembung dalam jangka panjang. Untuk pencegahan kembung duduk saat sedang makan dan mengunyah sembari sambil menikmati makanan anda.

  • Obat
Banyak obat-obatan bebas terjual di apotek dan dapat memicu kembung termasukaspirin, Obat diare dan pil zat besi. Jika anda menduga obat terlalu dapat membuat perut kembung, pixie menyarankan agar menanyakan resep yang cocok pada apoteker.
  • Mengonsumsi susu
Jika perut kembung terasa berulang kali terjadi setelah makan atau minum produk susu, seperti susu dan keju mungkin anda mengalami laktosan intoleran, terutama jika disertai dengan kram perut dan diare.
  • Merokok
Kebiasaan kita dalam menghisap dan menelan udara berlebihan dan air liur juga menjadi penyebab perut kembung. Khusus perokok efeknya akan berganda karena asapnya mempengaruhi pencernaan. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok juga mengakibatkan melemahnya sfinger esofagus bagian bawah otot antara kerongkongan dan perut yang membuat isi pada perut mengalir kembali ke krongkongan. Hal tersebut akan menyebabkan mulas dan gas berlebihan.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi buah
Buah memang sangat baik bagi tubuh dan apalagi untuk kesehatan, tapi jika memakan buah terlalu banyak atau bahkan di jadikan sebagai cemilan setiap waktu buah yang mengandung fruktosa atau gula yang di temukan dalam buah bisa menjadi penyebab kembung bagi orang yang memiliki masalah di dalam saluran pencernaannya.
  • Pemanis buatan
Salah satu sumber tersembunyi yang membuat perut kembung adalah mengkonsumsi pemanis buatan yang terdapat pada makanan. Pixie mengatakan bahwa saat tubuh mendapati pemanis buatan dalam makanan saluran pencernaan akan berjuang keras menghancurkan makanan tersebut sehingga akan terjadi kelebihan gas yang menyebabkan kembung, ingat untuk melihat bahan-bahan yang di beli apa ada berisi pemanis buata.

Untuk mengatasi perut kembung sangatlah gampang saya akan memaparkan caranya dibawah ini :
  • Pengobatan luar
Dengan mengoleskan minyak/obat yang dapat memberikan efek hangat pada bagian perut/lambung seperti minyak kayu putih, minyak tawon, balsem dan sejenisnya.
  • Mengkonsumsi obat yang alami
Upaya yang dilakukan jika perut kembung kedua ini adalah mengkonsumsi makanan dan minuman herbal yang dapat berfungsi sebagai obat tradisional. Dimana fungsi dari herbal tersebut merangsang keluarnya gas dari dalam saluran pencernaan.

Dibawah ini saya akan memberikan obat alami yang bisa menghilangkan perut kembung :
  • Minuman yang mengandung jahe
  • Kayu manis
  • temu putih
  • kembang merak
  • adas sowa
  • pacar cina (pacar bukan dalam artian pasangan ya)
  • kapulaga
Setelah memakan obat diatas orang yang menderita perut kembung diperkenankan agar beristirahat ditempat yang hangat/memakai selimut dengan berposisi miring ke kanan.

Sekian info untuk hari ini, maka dari itu mulai saat ini jaga kondisi kalian jangan asal memakan dan melakukan hal yang bakalan mempengaruhi tubuh kita. Terimakasih sudah berkunjung semoga info ini bermanfaat untuk kita semua, apabila info ini membantu sedianya untuk membagikan untuk saudara kita yang mungkin lagi mengalami kembung perut.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung"

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar :
- Sopan
- No Sara
- No Spam
- Tidak Mengandung Kekerasan
- Tidak menyinggung Agama, Suku, Ras
- Tidak Berbau Po*no