Makanan Sehat Pencegah Anak Hiperaktif

Makanan sehat pencegah anak hiperaktif | HeloIndo

Makanan Sehat Pencegah Anak Hiperaktif - Ditinjau dari segi psikologis, hiperaktif adalah gangguang pada tingkah laku anak yang tidak normal karena disebabkan oleh disfungsi neurologi dengan gejala paling utama adalah tidak mampunya dalam pemusatan perhatian. Banyak yang menyebutkan bahwa gula sangat berperan penting dalam penyebab terjadinya anak hiperaktif tapi semua itu hanyalah mitos, karena para ahli sudah dapat menelitinya dan hasilnya adalah nihil.
Zat tambahan pada makanan yang terkandung seperti pewarna, pengawet dan bahkan pemanis buatan secara logis dikatakan sebagai pemicu utama anak menjadi hiperakhif. Zat yang terkandung dalam makanan yang terkontaminasi dengan zat berbahaya seperti yang saya sebutkan diatas menyebabkan sistem saraf pada anak menjadi overaktif, zat tersebut hanya bisa dijumpai pada makanan olahan saja.
Dari situlah mulai dari sekarang anak-anak disarankan untuk diberikan konsumsi makanan yang alami. 
Makanan alami sudah banyak yang mengetahui tentang kasiatnya, makanan alami sejatinya bisa memberikan anak energi dan juga gizi yang sama sekali tidak memiliki efek samping hiperaktif sama sekali. Sebagai tambahan saja, makanan yang kaya akan kalsium dan juga magnesium seperti kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, serta susu akan berperan penting dalam menimbulkan efek penenang bagi tubuh sang anak.
Dibawah ini saya akan uraikan beberapa makanan yang dianjurkan untuk anak yang terkena hiperaktif, seperti :
Sayuran, Anak sangat di anjurkan untuk diberikan asupan sayuran seperti daun seledri, kembang kol, paprika, dan juga wortel. Dengan sedikit menambahkan penyedap makanan yang sudah teruji kesehatannya serta memiliki kadar lemak yang rendah. Mereka juga bisa di berikan asupan biskuit dengan kadar lemak yang rendah. Hindari makanan yang mengandung pengawet.
Buah, Tawari anak anda untuk mengkonsumsi buah entah itu buah kering, beku, dan juga buah segar. Jika mereka lebih memilih buah kaleng hendaknya sebagai orang tua harus memiliki tingkat kepekaan yang teramat tinggi, pilihlah buah dalam kaleng yang memang 100% berasal dari buah asli yang dibandingkan dengan banyak mengandung sirup.
Buah kering banyak pilihannya seperti aprikot kering, buah sejenis berry, nanas, plum, kismis, apel, cincin, dan juga 100% sari buah asli. Agar bisa digunakan dalam jangka yang lama buah bisa juga di taruh di dalam kulkas, seperti potongan pir atau bahkan apel, potongan pisang, anggur yang tanpa biji, aprikot, potongan buah melon, jeruk, buah berry, dan plum. Potongan buah tersebut bisa juga dipadukan dengan yogurt, selai kacang, atau juga bisa di campurkan buah dan yogurt dengan es cream yang tentunya rendah lemak.
Selain cara diatas anda bisa membuatkan anak anda segelas smoothies dengan campuran beberapa buah diantaranya buah pisang atau buah beku dengan memakai es, susu atau bahkan yogurt. 
Makanan yang mengandung susu, sajikan yogurt yang rendah lemak atau bisa juga mencampurkan keju dengan buah segar dengan satu sendok makanan yang terbuat dari sari buah. Keju pun dipilih yang dari keju alami karena keju juga merupakan jenis keju yang rendah lemak.
Biji-bijian dan juga kacang-kacangan, almonds, kacang tanah, kacang mete dan kenari merupakan contoh makanan yang baik. Jika hendak memilih selai kacang, ingatlah untuk memilih selai yang 100% kacang asli tanpa canpuran apapun.
Oatmeal, gandum, tepung gandum, dan juga sereal dari buah kering adalah pilihan yang sangat baik.
Protein, selain mendapatkan protein dari kacang-kacangan dan juga biji-bijian serta makanan yang berbahan dasar susu, protein bahkan bisa di dapat dari daging, omega 3 yang terdapat dari telur. Hindari daging olahan yang terkandung dalam makanan seperti burger, chicken nugget, sosis, hot dog, serta ikan tanpa tulang. Sebagai gantinya anda bisa memberikan asupan seperti ikan bakar, dada ayam, daging sapi yang murni, dan yang terpenting daging yang mengandung kadar lemak yang rendah.
Konsumsi permen tidak perlu untuk dihindari, pernah ada anggapan kalau gula menyebabkan anak menjadi hiperaktif. Namun anda sebagai orang tua dianjurkan untuk selektif untuk memilih makanan yang mengandung gula tersebut. Ingat pilihlah coklat hitam yang pastinya memiliki kadar gula yang rendah dan antioksidan. Batasi kafein pada anak yang hiperaktif sampai 45mg perharinya.
Anda juga bisa membuatkan kue untuk anak anda yang mengandung bahan-bahan sehat seperti kismis dan bubur gandum. Disarankan agar menghindari anak dari makanan donat, kue kering, dan permen yang berisi bahan pengawet dan bahkan bahan pewarna di dalamnya. Untuk minuman anak yang hiperaktif tidak dianjurkan untuk meminum minuman yang mengandung gula dan adiktif, seperti minuman buah, minuman olahraga, dan bahkan soda pop. 

Yang jelas untuk anak yang hiperaktif dianjurkan untuk diberikan olahan makanan yang dibuat oleh orang tuanya, karena pastinya sudah teruji aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan si anak tersebut.

2 Responses to "Makanan Sehat Pencegah Anak Hiperaktif"

  1. Kalau anaknya hiperaktif harus didukung kebutuhan energinya agar lebih tinggi teman. Terimakasih
    lasealwin.info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diatas kan sudah saya berikan rincian yang lengkap. Makasih masukannya

      Hapus

Tata Cara Berkomentar :
- Sopan
- No Sara
- No Spam
- Tidak Mengandung Kekerasan
- Tidak menyinggung Agama, Suku, Ras
- Tidak Berbau Po*no