Waspadai Penyakit Migrain dan Cara Mengatasinya


Waspadai Penyakit Migrain dan Cara Mengatasinya - Migrain atau sering di katakan sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang sering datang tanpa kita sadari, Migrain sangat tidak nyaman bagi otak dalam beraktifitas. Penyebab dari migrain sangan banyak, dari makanan sampai faktor lingkungan. Efek dari penyakit tersebut bisa berbeda tergantung dari setiap individu, sehingga tidak semua harus kita hindari. Paling tidak ada segelintir hal yang di waspadai.
"Pada individu yang sama tidak hanya penyebabnya yang sama dan konsisten, suatu saat coklat pemicu migrain pada saat yang berbeda bahkan tidak sama sekali" ungkap Larry Newman, MD, direktur di Headache Institute yang berada di St. Luke's Roosevelt Hospital Center. Bagi yang sering mengalami penyakit migrain dianjurkan oleh Newman untuk membuat dairy sakit kepala, dari catatan diary tersebut bisa kita ketahui apa yang menyebabkan migrain pada seseorang.
- Dibawah ini saya akan menguraikan sedikit apa yang menyebabkan migrain tersebut :

  • Minuman dan Makanan
Menurut National Headache Foundation minuman dan makanan yang bisa menyebabkan migrain adalah :
  1. Keju matang
  2. Cokelat
  3. Makanan yang diasamkan, difermentasikan, dan bahkan yang di asinkan
  4. Krim asam
  5. Selai kacang dan kacang-kacangan
  6. Roti sourdough
  7. Pepaya, kismis, plum merah
  8. Buah yang memiliki aroma sitrus
  9. Kafein yang berlebihan
  10. Alkohol
  • Menstruasi (Datang Bulan)
Kebanyakan perempuan siklus datang bulan adalah penyebab yang paling utama dari sakit kepala bahkan migrain juga, Yang biasanya akan datang di saat haid atau di saat beberapa hari sebelumnya. Turunnya kadar Esterogen pada masa itu diduga adalah pemicu utamanya, oleh karena itu hal yang sama akan terjadi pada saat menjelang masa Menopause.
  • Lingkungan
Bagi beberapa orang bau parfum yang sangat menyengat juga bisa menyebabkan datangnya migrain tersebut, Lampu yang sangat silau, atau bahkan sinar matahari yang sangat menyengat, melihat lampu yang kelap-kelip.
  • Stres
Stres adalah hal yang sangat bahaya, stres bisa saja mendatangkan banyak penyakit tak terkecuali migrain tersebut, Karena di saat stres tersebut penderita migrain menjadi sangat resfonsif secara emosional. Khawatir, sedih, gelisah, terkejut, dan suasana hati yang tidak menentu bisa memicu pelepasan hormon tertentu yang bisa menyebabkan migrain itu datang.

- Dibawah ini saya akan menguraikan beberapa cara untuk menghilangkan migrain tanpa obat :
  • Menghindari pemicu
Pemicu datangnya migrain adalah rokok karena mengandung nikotin yang bisa menyumbat pembuluh darah pada area otak, Terlalu banyak berolahraga yang sangat berat, stres, perubahan pola tidur, sakit leher dan kepala, masalah pada gigi, makanan tertentu, bau buah yang terlalu menyengat, dan cahaya.
  • Perhatikan selalu kadar gula darah
Penurunan kadar darah bisa juga memicu terjadinya migrain, karena mengarah pada glukosa yang dapat dilepaskan ke aliran darah sehingganga dapat menyebabkan teanan pada darah meningkat. Makan yang teratur setiap 4 jam jangan sampai melebihi 12 jam semalam tanpa ada asupan apapun.
  • Bahan tambahan pangan atau penyedap
Banyak orang yang melaporkan sangat sensitif dengan adiktif makanan sperti halnya MSG (Glutamat), aspartam (pemanis buatan), tartrazine (pewarna kuning yang digunakan untuk mewarnai minuman yang bersoda dan marzipan), sulfit (kerap di temukan dalam anggur), dan natrium benzoat (kerap ditemukan di udang, minuman ringan, permen, dan margrin)
  • Mengunyah jahe
Mengunyah jahe bisa sangat meringankan masalah mual dan pencernaan yang bisa menjadi pemicu migrain tersebut, jahe juga bisa untuk memblokir efek dari Prostaglandin, yaitu zat yang bisa menyebabkan peradangan pada pembuluh darah pada otak dan dapat menimbukan migrain.
  • Meminum air
Dehidrasi juga sangat berpengaruh dalam munculnya migrain, jaringan pada sekitar otak terdiri dari air sehingga ketika kita kehilangan cairan jaringan tersebut bisa menyusut dan menyebabkan nyeri bahkan sampai terjadi iritasi. Minumlah minimal 2 liter perhari tergantung dari kebutuhan tubuh yang bisa mengurangi keparahan, frekuensi serangan migrain dan durasinya.
  • Makanan yang kaya dengan magnesium
Kekurangan magnesium pada tubuh dapat menyebabkan kurangnya aliran darah ke otak dan bisa mengurangi gula darah, yang mana keduanya sangat berpengaruh terhadap serangan migrain yang terjadi. Makanan yang mengandung magnesium adalah tomat, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, kentang, gandum utuh, oat, ekstra kemiri, kacang polong.

0 Response to "Waspadai Penyakit Migrain dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar :
- Sopan
- No Sara
- No Spam
- Tidak Mengandung Kekerasan
- Tidak menyinggung Agama, Suku, Ras
- Tidak Berbau Po*no